Sabtu, 06 November 2010

Palaran Menuju Kota Baru, Mahkota II Percepat Pertumbuhan Ekonomi

AK ada yang menyangkan jika Kecamatan Palaran, kini menjadi salah satu kawasan primadona di kota Samarinda dan Kaltim secara umum. Ya, semenjak dibangunnya beberpa fasilitas mewah di kecamatan paling ujung di Kota Tepian ini, perlahan namun pasti Palaran menjelma sebagai kota baru.
Secara nasional, nama Palaran jauh lebih mentereng ketimbang daerah-daerah lainnya di Samarinda. Anda bisa lihat saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVII 2008 lalu, Palaran menjadi pusat perhatian nasional. Di daerah yang kawasannya lebih banyak yang merupakan hutan ini, terdapat stadion utama yang dijadikan lokasi pembukaan dan penutupan pesta olahraga terakbar Indonesia. Tak cukup sampai di situ, akhir bulan lalu Palaran kembali menorehkan tinta emas pada sektor transportasi Indonesia. Itu terjadi setelah Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran resmi diujicobakan untuk beroperasi. Hal tersebut menjadi sejarah, karena pembangunan pelabuhan yang anggarannya mencapai setengah triliun rupiah tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pemkot Samarinda, PT Samudera Indonesia dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Makassar. Kedua bangunan spektakuler ini tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Samarinda dan Kaltim.

Dalam waktu tidak lama lagi, perkembangan Palaran diprediksi akan semakin cepat. Tak lain dengan disusul rampungnya Jembatan Mahkota II yang menghubungkan Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran dengan Kelurahan Sungai Kapih Samarinda Ilir. Jika jembatan ini rampung, tentu saja roda perekonomian di Palaran akan semakin maju. Harapan untuk masyarakatnya lebih sejahtera, sudah di depan mata.
Meski pembangunannya diperkirakan baru akan rampung pada 2013 mendatang, namun cepat atau lambat kawasan Palaran akan menjadi kota baru yang perkembangannya sangat pesat dari perkiraan semua orang. Apalagi sesuai rencana perkembangan kota Samarinda memang diarahkan di Samarinda Seberang termasuk Kecamatan Palaran. Hal tersebut cukup beralasan, mengingat semakin sumpeknya kawasan kota yang penduduknya makin bertambah.

“Palaran akan menjadi kawasan baru di Samarinda. Perkembangan Palaran menjadi kota baru memang sudah bagian dari rencana pembangunan jangka panjang Kota Samarinda"
Sumber http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/Mingguan/27/1262

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COBA-COBA

Mencoba dengan hal-hal baru merupakan kemajuan yang baik secara tidak langsung selama mencoba dalam hal yang baik dan benar untuk lebih memperluas kretifitas, pengetahuan dan banyak hal posotif lainnya, tidak ada salahnya untuk coba-coba, justru merugi mereka yang tidak mau mencoba untuk bisa.