Sabtu, 06 November 2010

Syaharie Ja’ang: Perkembangan Palaran Cukup Pesat

Samarinda- Kecamatan Palaran dulunya  merupakan kawasan pinggiran yang tidak banyak diminati orang karena letaknya lumayan jauh dari kota . Namun sekarang kondisinya  berbeda karena sudah dibangun sejumlah fasilitas dan inparstruktur.
            “Wilayah Palaran bukan lagi daerah tertinggal, tetapi perkembangannya cukup  pesat sepeti halnya Kecamatan Samarinda Seberang,” kata Wakil Walikota Samarinda, H.Syaharie Ja’ang, pada pembukaan Palaran Trade Center baru-baru ini.
            Ia mengatakan, kondisi wilayah perkotaan Samarinda sudah sangat padat dan sulit untuk dikembangkan, sehingga wilayah Palaran dan Samarinda Seberang sangat cocok untuk perkembangan kota kedepan.
            “Insya Allah perkembangan Palaran akan tumbuh lebih cepat, saat ini Pemkot sedang fokus menyelesaikan sarana jalan , menyelesaikan proyek pelabuhan peti kemas, dan penyelesain pembangunan Jembatan Mahkota II,”katanya.
            Diungkapkannya bahwa  pembangunan jembatan Mahkota II bukan berarti mangkrak atau tidak dikerjakan. Tetapi karena memang bentang tengah jembatan belum bisa diselesaikan sebelum pelabuhan selesai dibangun.
Hal tersebut  sesuai dengan peraturan internasional dan nasional tentang pelayaran, tidak boleh menghalangi pelayaran khususnya pengangkutan alur sembilan bahan pokok.
Menurutnya pembangunan pelabuhan peti kemas hampir rampung dan rencananya bulan  Agustus 2010 , jalan utama satu jalur sudah selesai. Sehingga aktivitas pelabuhan di jalan Yos Sudarso Samarinda  bisa dipindah ke pelabuhan peti kemas Palaran.      
            Setelah pelabuhan peti kemas beroperasi, maka akan membawa berkah bagi warga Palaran, karena keberadaan pelabuhan akan diikuti perkembangan kawasan di sekitarnya. Puluhan perusahaan jasa   akan berkantor di Palaran dan membutuhkan tenaga kerja dan hal itu merupakan  peluang usaha baru bagi masyarakat setempat. 
            Syaharie Ja’ang menambahkan, peluang tersebut  sudah ditangkap beberapa perusahaan pengembang dengan menginvestasikan dananya untuk membeli tanah dan selanjutmya dibangun perumahan.
“Dengan dibangunnya sejumlah perumahan baru, dan beberapa fasilitas lainnya maka berdampak pada percepatan pembangunan ekonomi masyarakat  Palaran,” katanya.
Sumber http://www.samarindakota.go.id/index.php?&page=10&id=1824

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COBA-COBA

Mencoba dengan hal-hal baru merupakan kemajuan yang baik secara tidak langsung selama mencoba dalam hal yang baik dan benar untuk lebih memperluas kretifitas, pengetahuan dan banyak hal posotif lainnya, tidak ada salahnya untuk coba-coba, justru merugi mereka yang tidak mau mencoba untuk bisa.