Sabtu, 06 November 2010

Terminal Peti Kemas Palaran Selesai

Perusahaan kontruksi PT Pembangunan Perumahan (persero) , bulan Mei 2010 ini menuntaskan pembangunan Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur. Proyek senilai Rp 262,1 miliar itu, merupakan proyek percontohan dan satu-satunya di Indonesia yang dibangun dengan sistem konsorsium antara Pemerintah Kota Samarinda , PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) dan PT Pelabuhan Samudra Palaran (Samudra Indonesia Group). Pelabuhan petikemas Palaran diproyeksikan sebagai pengganti Pelabuhan Samarinda dan Terminal Petikemas yang sudah ada saat ini. Luas area TPK Palaran adalah 125.700 meter persegi, dan mampu menampung kapal sampai dengan 5000 DWT dengan luas cargo 54.000 m2. TPK Palaran terdiri dari dermaga, tempat peti kemas (container yard), area gedung, parkir, termasuk pagar keliling, taman dan area penghijauan (green area).

"TPK Palaran dibangun untuk mengerakkan ekonomi Samarinda, Kalimantan Timur," kata Musyanif, Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk, Minggu (23/5/2010) di Jakarta. Beberapa pekerjaan konstruksi yang disiapkan oleh PT PP dalam proyek terminal peti kemas tersebut meliputi pembuatan quay deck di dermaga sepanjang 270 meter, trestle sebanyak 3 unit dengan panjang 90 m, sedangkan di container yard seluas sekitar 41,110 m2 menyiapkan RTGC sebanyak 5 line dengan panjang masing-masing 255m, turning RTCC sebanyak 2 line dengan panjang masing-masing 152 meter. PT PP termasuk pemain utama konstruksi pelabuhan dan dermaga. Sebelumnya, PT PP berhasil menyelesaikan pembangunan pelabuhan dan dermaga lainnya seperti Container Terminal Semarang, Container Terminal Koja, Bojonegoro Port Banten dan Pelabuhan Teluk Bayur. Pada kuartal-I 2010, PT PP mencetak pendapatan sekitar Rp 561 miliar pada tiga bulan pertama 2010. Pendapatan tersebut ditopang oleh penyelesaian kontrak-kontrak besar Perseroan selama kuartal I 2010. Sedangkan laba bersih Perseroan pada kuartal I 2010 mencatat kenaikan signifikan sebesar 26,24 persen atau Rp 15,36 miliar dibandingkan periode yang sama tahun 2009 sebesar Rp 12,17 miliar. Dalam lima tahun terakhir pertumbuhan laba bersih PTPP tumbuh konsisten di kisaran 24,5 persen per tahun.
sumber http://wartadigital.com/2010/05/23/terminal-peti-kemas-palaran-selesai.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COBA-COBA

Mencoba dengan hal-hal baru merupakan kemajuan yang baik secara tidak langsung selama mencoba dalam hal yang baik dan benar untuk lebih memperluas kretifitas, pengetahuan dan banyak hal posotif lainnya, tidak ada salahnya untuk coba-coba, justru merugi mereka yang tidak mau mencoba untuk bisa.