Minggu, 07 November 2010

Tambang Harus Mensejahterakan Rakyat

Aktivitas tambang, terutama batu bara di Kaltim selama ini harusnya benar-benar bisa mensejahterakan rakyat, jangan sampai malah membuat masyarakat sengsara. Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengaku sangat prihatin dengan kenyataan di lapangan saat ini. Betapa banyak perusahaan tambang dan lokasi yang dieksploitasi untuk pertambangan, tetapi ternyata tak membawa dampak apapun bagi masyarakat sekitar. Jangankan untuk membuat masyarakat sejahtera, untuk membuat masyarakat nyaman dalam beraktivitas saja tak mampu. Ini yang harusnya menjadi perhatian bagi masing-masing kepala daerah di kabupaten/kota, agar terus memantau aktivitas pertambangan batu bara tersebut.
Aktivitas pertambangan harus bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat di sana, terutama yang berada di wilayah kerjanya. Sangat memprihatinkan, lahan di sekitarnya ditambang, tetapi ternyata masyarakat tambah sengsara. Ini seharusnya tak boleh terjadi," jelasnya lagi.
Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah tambang harus benar-benar diwujudkan, jangan sampai tidak dijalankan dengan baik. Ini juga perlu diawasi oleh pemerintah daerah yang telah mengeluarkan kuasa pertambangan. Tidak hanya itu, aktivitas pertambangan secara umum juga harus menjadi perhatian.
Perusahaan tambang yang ternyata tak menjalankan aktivitas pertambangan dengan benar, misalnya melakukan pembenahan terhadap lingkungannya setelah aktivitas pertambangan selesai dilakukan, tentu saja harus diberikan sanksi tegas. Sanksi tegas itu menurutnya bisa beragam, mulai dari teguran lisan hingga menghentikan sementara aktivitas pertambangan.
"Bahkan kalau perlu stop dan cabut izinnya, bila memang aktivitas pertambangan yang dilakukan sudah tak sesuai dan merusak lingkungan. Ini seharusnya menjadi perhatian bagi seluruh kepala daerah di Kaltim
http://bappeda.samarinda.go.id/berita.php?id=1504

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COBA-COBA

Mencoba dengan hal-hal baru merupakan kemajuan yang baik secara tidak langsung selama mencoba dalam hal yang baik dan benar untuk lebih memperluas kretifitas, pengetahuan dan banyak hal posotif lainnya, tidak ada salahnya untuk coba-coba, justru merugi mereka yang tidak mau mencoba untuk bisa.