Sabtu, 06 November 2010

Wakil Walikota Serahkan 12 Handtractor Juga 2 Perontok Padi di Desa Giri Rejo Lempake

Tidak bisa dipungkiri petani adalah penopang dalam memenuhi kecukupan pangan,  untuk itu sangat patut apabila Pemerintah melalui Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunaan memberikan perhatian khusus dalam upaya mendukung peningkatan produksi pertanian saat ini, salah satunya melalui pemberian alat-alat bantu pertanian, seperti yang telah diserahkan Wakil Walikota Samarinda H Syaharie Jaang kepada beberapa kelompok tani di kawasan desa Giri Rejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara, Jumat (17/9) kemarin, masing-masing berupa 12 unit hand tractor, dan 2 unit power thereser/mesin perontok padi.
“Ini tidak lain sebagai bentuk pembinaan terhadap petani agar dapat lebih meningkatkan produksi hasil pertanian,” ungkap Wawali Syaharie Jaang dalam acara penyerahan tersebut.
Lebih lanjut Wawali menyebut upaya ini dimaksudkan agar dalam kegiatan usahanya petani, khususunya di Samarinda bisa menjadi lebih maju karena dibantu dengan peralatan relative modern.
Walaupun pada kenyataannya tambah Wawali belum semua kelompok tani di kota ini terpenuhi kebutuhan alat bantu serupa, namun dengan adanya sebagian yang sudah memiliki cukuplah menjadi penopang pemenuhan kebutuhan pangan di daerah ini. “Sehingga selain untuk memenuhi kecukupan pangan produk komoditi pertanian yang dihasilkan memiliki pula nilai unggul,” imbuhnya.
Disisi lain Wawali mengingatkan untuk mencapai produksi unggul tidak cukup bila hanya ditopang peralatan modern, melainkan diperlukan pula bentuk perlakuan khusus dalam proses penanaman dan pemeliharaan.
Untuk itu, dia berharap agar para petani senantiasa melakukan koordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Pertanian.
“Dimana peran seorang penyuluh pertanian dalam hal ini sangat dibutuhkan,” katanya. Diluar dari hal tersebut seiring dengan mulai bergesernya pola kehidupan masyarakat yang sudah banyak meninggalkan usaha pertanian, Wawali mengimbau agar para petani tidak sampai dengan serta merta menjual lahan yang ada, walau terbilang sudah tidak produktif kedepannya lahan tersebut bisa saja dimanfaatkan keluarga sebagai usaha pertanian meski dalam bentuk lain.
Untuk diketahui selain menyerahkan alat bantu pertanian, kehadiran Wawali di desa yang berada di sekitar waduk Benanga tersebut sekaligus meresmikan Posyandu dan menyerahkan piala Juara I pemenang Lomba Gerakan Sayang Ibu dan pemenang Lomba Posyandu untuk tingkat Kecamatan Samarinda Utara yang telah diraih kelompok kesehatan setempat. hms3/adv

http://www.poskotakaltim.com/berita/read/7512-Wakil%20Walikota%20Serahkan%2012%20Handtractor 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COBA-COBA

Mencoba dengan hal-hal baru merupakan kemajuan yang baik secara tidak langsung selama mencoba dalam hal yang baik dan benar untuk lebih memperluas kretifitas, pengetahuan dan banyak hal posotif lainnya, tidak ada salahnya untuk coba-coba, justru merugi mereka yang tidak mau mencoba untuk bisa.